Type Anggota [di] KKS

posted in: Admin, KKS, KKS WiBar, KKS WiSel, KKS WiTar, KKS WiTim | 0

Anggota Koperasi merupakan pemilik dan sekaligus pengguna jasa Koperasi. Keanggotaan Koperasi dicatat dalam buku daftar Anggota. Keanggotaan Koperasi bersifat terbuka bagi semua yang bisa maupun mampu menggunakan jasa Koperasi serta bersedia menerima tanggung jawab keanggotaan. Peran anggota koperasi sangat besar. Yaitu membangun dan memajukan koperasi bersama-sama dengan hak serta kewajibannya masing-masing. Berikut ini adalah 3 tipe anggota koperasi :

 

 

Apasih anggota pedati??

Anggota pedati adalah anggota yang tidak aktif. Yang artinya anggota tersebut akan aktif simpan pinjam apabila ada yang mengajak/menyuruh saja dan tidak rutin membayar Simpanan Wajib (SW).

 

 

Anggota merpati adalah anggota yang aktif namun tidak rutin. Yang artinya nampak pada anggota-anggota yang bermunculan manakala tersedia promo bagi anggota, jika tidak ada promo anggota tersebut hanya simpan saja tanpa mengajukan pinjaman.

 

Anggota sejati adalah anggota yang aktif/rutin simpan pinjam, baik itu ada promo ataupun tidak. Rajin membayar Simpanann Wajib (SW), rutin mengajukan pinjaman, rajin dalam membayar angsuran pinjaman dan rutin mengikuti Rapat Anggota yang merupakan forum tertinggi di koperasi. Karena koperasi mempunyai slogan yang terkenal, yaitu dari, oleh dan untuk anggota.

Untuk mewujudkan anggota sejati sebagaimana di dambakan oleh banyak pihak diperlukan adanya komitmen bersama dari kita semua.

Fungsi koperasi bukan hanya sebagai tempat simpan pinjam, namun juga sebagai sahabat konsultasi keuangan anggota dan hendaknya perlu dipahami bahwa KKS akan tumbuh dan berkembang bergantung dari sirkulasi transaksi. Baik Anggota, Manajemen, Pengurus dan Pengawas memiliki perannya masing-masing supaya roda kehidupan koperasi bisa dapat terus berjalan dan maju.

Suatu koperasi dapat berkembang secara sehat jika koperasi itu sendiri sehat dalam organisasi, sehat kepengurusan dan sehat usahanya. Indikasi koperasi itu sehat organisasi antara lain adalah selalu dapat menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan secara tepat waktu, kesadaran anggota sebagai anggota koperasi semakin meningkat sebagai buah dari pendidikan yang dilakukan secara terus menerus, mampu menyajikan laporan keuangan secara berkala dan transparan, serta menjadikan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) sebagai pedoman. [SA]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *